Wednesday, April 18, 2012

Horeee.. mainan tradisional ngeTREND lagi...

Hompimpa alaihom gambreng… Dolip..! Benteng..! 

Begitulah kira-kira teriakan yang seringkali terdengar dari mulut anak kecil di taun ‘90an kebawah. Kemudian memasuki tahun millennium 2000an, marak beredar game console, Nintendo, PS, sampe akhirnya sekarang multiplayer online game.

Kekuatan dan perkembangan teknologi perlahan menggeser mainan tradisional yang notabene itu ASLI Indonesia. Di sisi intelektual, pastinya membanggakan bagi sebagian orang tua karena anaknya melek teknologi, tapi di sisi lain banyak hal, nilai, dan sensitivitas yang hilang dari anak-anak tersebut.
Pernah suatu ketika, sang Captain, Chika Chiko jalan-jalan dan bertemu dengan seorang anak kecil lalu iseng menanyakan kepadanya, “dek, kamu tau mainan gobak sodor?”. Sang anak menjawab, “ga tau mas”. “kalo patil lele?”, “waduh, apalagi itu? lele setauku makanan”.


Mungkin sebagian kalian yang baca artikel ini ada yang tau, ada yang ga, ada yang cuma pernah denger tapi ga pernah main. Bukan salah kalian juga sih sebenernya kalo ga pernah denger apalagi main, karena memang permainan tradisional tersebut perlahan ditinggalkan dan diganti mainan yang lebih canggih PLUS pemerintah juga kurang mendukung lestarinya mainan tradisional tersebut, tanah-tanah lapang di Indonesia kebanyakan sudah disulap jadi gedung perkantoran.

Emangnya kenapa kalo misal mainan tradisional tersebut hilang dan ga ada lagi?? Toh bukan masalah krusial bagi bangsa ini.. wong ya cuma mainan. gapapa deh kalo masih dianggep enteng, teruskan bacanya..

Tahukah kalian permainan semacam gobak sodor, benteng, lompat tali, boy-boyan, patil lele, dll itu memiliki nilai-nilai yang bisa dibawa seorang anak sampai ia dewasa? Benteng misalnya, permainan ini menekankan pada kerjasama tim, strategi, olah motorik kasar dan halus, asah mental, serta yang paling penting, leadership. Bagi yang belum pernah tau kalian bisa lihat beberapa review artikel di internet tentang permainan ini. Bandingkan dengan ketika kalian bermain PS atau game online, mentok kalian dapet strategi + kerjasama tim. Itupun kalau kalah kalian tinggal restart ulang.. beres… selesai perkara. Atau yang paling lucu lagi adalah pake cheat untuk mempermudah permainan.. (lha kalo uda tau cheat-nya, ngapain susah-susah mikir strategi??)

Kemudahan dan perkembangan teknologi membuat seseorang seperti akhirnya menggampangkan sesuatu, ujung-ujungnya mental-lah yang lemah. Mungkin keliatannya sepele, ini kan permainan.. tapi sadarkah anda, bukankah hidup ini juga permainan dan senda gurau belaka?? Semakin baik anda memainkan pola kehidupan ini, semakin baik hasil yang anda dapatkan. Ketika seseorang bermain semua fokus dan perhatiannya terpusat pada permainan tersebut, otomatis nilai-nilai yang terkandung dalam permainan itu masuk dalam memori dan alam bawah sadarnya. Mungkin sebagian kalian inget beberapa tahun lalu sempat geger ada game Smack Down, tak lama setelah itu ada kasus seorang anak mempraktikkan hal tersebut ke teman-temannya. Itu salah satu contoh bahwa segala informasi apapun itu bisa masuk dalam memori saat seseorang fokus dan nyaman melakukan hal tersebut.. terutama mainan, karena bermain adalah hal yang sangat nyaman dan menyenangkan bagi siapapun.

Sebenernya permasalahan bukan pada permainannya, tapi nilai-nilai didalam permainan tersebut yang perlu diperhatikan. Kita bisa lihat saat anak main PS/game console, yang bergerak hanya tangan, itupun jempol yang paling sering. Secara motorik tubuhnya tidak akan terlatih dan lebih mudah capek jika melakukan aktivitas agak berat. Belum lagi mata mereka yang terlalu lama melihat layar. Yang paling penting dan KRUSIAL adalah…… sifat individualistis dan acuh terhadap lingkungan sosial. Lihat saja saat anak main PS, seakan-akan sudah dianggap tidak ada orang dikanan kirinya, bahkan kadang saat orang tua manggil mereka, masih saja fokus di mainannya.

Berbeda dengan mainan tradisional Indonesia. Seorang anak pasti dituntut untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kawannya. Kalo ga mau membaur ga bakal dapet temen untuk main, itu sudah pasti. Disinilah nilai sosial yang sangat penting sekali. Seorang anak ga takut menghadapi orang baru saat ia dewasa, mudah bergaul, dan bisa menjalin relasi dengan siapapun. Ga heran kan kalo anak-anak sekarang banyak yang krisis PD..? ngajak kenalan aja lewat FB, mention twitter, minta dikenalin temennya.. cupu..! is that right?

Penting juga diperhatikan di permainan tradisional, seorang anak akan sehat secara fisik, karena secara tidak langsung beberapa permainan menuntut untuk melatih motorik kasar dan halus seperti kalo kita lihat dari mainan lompat tali, belum lagi lari dan berolahraga fisik (saat kena hukuman, misal gendong, push up, dll). Dari sini mental juga mulai bisa terbentuk, ga jadi sosok yang cengeng saat dewasa, ga gampang nyerah. Ga kayak remaja sekarang, ditolak dikit, bingung, kepikiran bunuh diri.. amit amit deh.. masih nganggep enteng?
Sebenernya masih banyak nilai-nilai yang bisa dijelaskan dari mainan tradisional ini seperti leadership, team work, strategi, communication skill, dll. Tapi bisa jadi koran tar kalo dijelasin semua :D

Kalo pengen tau lebih lanjut, ikut deh Dunia Intuisi. Kita punya tim khusus yang memfasilitasi dan mewadahi adek-adek untuk mengenalkan nilai-nilai luhur bangsa ini sejak kecil lewat mainan tradisional supaya nantinya mereka bisa punya mental baja bahkan melebihi kita yang udah dewasa ini.
Nah, Hari Minggu besok kita akan flashmob terkait mainan tradisional ini di salah satu taman di Surabaya.. gimana keseruannya? Yuk langsung aja gabung di gathering + briefing hari Sabtu malem di rumah salah satu agent, alamatnya bisa dilihat di calendar event yaa..

Kita tunggu partisipasinya yaa… Let’s play hard.. GET ROCK MOB with us.. :)

No comments:

Post a Comment