Sunday, April 1, 2012

Flashmob Dunia Intuisi

Jadi apa yang dilakukan agent-agent Dunia Intuisi di 8 detik pertama untuk mendapatkan perhatian dan mempengaruhi orang lain…?

This is it… FLASHMOB..!!!



Secara sederhana, flashmob adalah sebuah kegiatan yang melibatkan BANYAK ORANG (KERUMUNAN) dan dilakukan dengan CEPAT untuk menyampaikan pesan atau informasi. Dalam pengaplikasiannya, flashmob ini dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti menari, menyanyi, freeze, robotic, dan berbagai gerakan yang dapat dimodifikasi untuk menjelaskan informasi yang ingin disampaikan. Ciri khas dari flashmob yang bikin terlihat unik adalah ketika kegiatan sudah selesai dilakukan, agent-agent yang terlibat didalamnya langsung membubarkan diri dan kembali ke kegiatan semula seakan tidak terjadi apa-apa..

Sedikit informasi yaa.. FLASHMOB pertama kali di buat di Manhattan pada Mei 2003 oleh salah satu senior editor Harper's Magazine, yang bernama Bill Wasik. Kegiatan yang berhasil dia lakukan waktu itu adalah mengumpulkan 200 agent dan menyebarkannya di sebuah department store kemudian melakukan tepuk tangan selama 10-15 menit yang mereka semua berpura-pura menjadi wisatawan dari luar negeri

Intinya flashmob ini menekankan pada efektif dan efisiensi waktu serta influence people
Dilakukan oleh BANYAK ORANG supaya intensitasnya lebih kuat.
Dilakukan CEPAT supaya menimbulkan efek shocking (kaget) dan curiousity (penasaran) bagi pengamat
Karena secara psikologis, ketika seseorang dapet stimulus yang intensitasnya diluar kewajaran.. fokus dan perhatiannya sejenak akan dialihkan sehingga informasi lebih cepat diserap dan diterima oleh otak.. (penjelasan lengkap secara psikologis nanti yaa di artikel berikutnya :D)

Mungkin sebagian temen-temen yang baca ini pernah tau atau lihat atau bahkan pernah melakukan flashmob. Cuma mungkin ga tau kalo itu istilahnya flashmob. Kalo di Dunia Intuisi ini kita melakukannya rutin setiap minggu dan selalu ada tema yang diangkat untuk kita sampaikan ke masyarakat. Mulai dari tema “save the earth” untuk ngajak masyarakat buang sampah pada tempatnya, “I Love Indonesia”, budaya baca buku, sampai stop tawuran… karena rutinnya flashmob yang kita lakukan, sampe-sampe media lokal dan nasional tertarik ngeliput kegiatan kita loo.. (bisa dilihat tuh di dokumentasi kegiatan). Dan akhir-akhir ini beberapa perusahaan dan event organizer meminta kita untuk membantu ngisi di acara yang mereka adakan.. makin seru kan??

Nah, kalo temen-temen di Surabaya ataupun di luar Surabaya ada yang tertarik dan pengen gabung di komunitas atau production house-nya Dunia Intuisi.. monggo… kita dengan senang hati menerima kalian sebagai saudara baru, keluarga kedua. Bahkan kalo yang di luar Surabaya pengen jadi Official Team Dunia Intuisi bisa juga… Tinggal hubungi Captainnya langsung disebelah kanan tuh uda ada foto + contactnya..

So, join with us… Feel the spirit and show your UNLIMITED CREATIVITY

No comments:

Post a Comment